Selasa, 14 Mei 2013

Konjungsi, Disjungsi dan Ingkaran

Konjungsi, Disjungsi dan Ingkaran | Matematika | Logika Matematika2| Aluf the Girl |



1) Konjungsi
konjungsi dari pernyataan p dan q ( masih ingat bahwa pernyataan di lambangkan oleh dua huruf veriable) adalah pernyataan majemuk yang di bentuk dengan kata hubung dan,. konjungsi di lambangkan dengan notasi "^".  jika p dan q dua pernyataan, maka p  ^  q (dibaca : p dan q ).

perhatikan pernyataan ini "Saya pergi ke kampus dan Saya belajar". coba di perhatikan kata hubung dan. yang menghubungkan dua buah pernyataan itu ?. nah dua kalimat pernyataan yang di hubungkan dengan kalimat dan membentuk suatu kalimat majemuk, disebut dengan konjungsi.

tabel kebenaran


Contoh
coba perhatikan tabel kebenaran, jadi jika dijabarkan insyallah seperti ini..
     p: Saya Makan (B)
     q: Saya Duduk (B)
      p^q : saya makan dan Saya Duduk (B)

Catatan :
(1) Kalimat bernilai benar karena kedua pernyataan  bernilai benar.
(2) Kalimat bernilai salah karena salah satu pernyataan bernilai salah.
(3) Kalimat bernilai salah karena salah kedua pernyataan  bernilai salah.

2) Disjungsi
 Operasi Disjungsi merupakan operasi binar yang dilambangkan "V" dan dibaca "atau". Dari pernyataan p dan pernyataan q dapat disusun pernyataan" p V q" dibaca "p atau q".

perhatikan pernyataan ini "Saya pergi ke kampus atau Saya belajar". coba di perhatikan kata hubung atau. yang menghubungkan dua buah pernyataan itu ?. nah dua kalimat pernyataan yang di hubungkan dengan kalimat "atau" disebut dengan Disjungsi.

 Tabel kebenaran
 Contoh;
p: saya makan
q: saya tidur
pvq: saya makan atau saya tidur

Catatan
1)jika p atau q salah satunya bernilai "Benar" maka bernilai Benar
2)jika p atau q kedua-duanya bernilai "Benar" maka nilainya Benar
3)jika p atau q keduanya bernilai "Salah" maka nilainya Salah

3) Ingkaran/Negasi
Operasi ini merupakan operasi uner yang dilambangkan dengan tanda "~" .atau "¬". Ingkaran pernyataan p adalah ~p atau dibaca "tidak benar bahwa p" atau "non p" atau "negasi dari p".

 Tabel kebenaran

Contoh :
p: saya makan
~p: saya tidak makan

Catatan:
Jika pernyataan semula bernilai benar (B) maka ingkarannya bernilai salah (S) dan sebaliknya.





4 komentar :

  1. pelajaran matik kelas berapa ini? belum ngerti sama sekali

    BalasHapus
  2. Subhanallahh....lanjutkan!!
    *pasti mantan anak KIR ya*

    BalasHapus
  3. Buat jona rendra: itu pelajarn kls1 SMA tp pas kul msih di pelajari lg nie... :)

    buat rideralam: ea bner mntan ank KIR, tp kok tw ea???

    BalasHapus
  4. ini ampe kuliah masih ada plajarannya , makasih udah mau share

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar anda...