Senin, 16 Juli 2012

Pentingnya Vigur Seorang Ibu


IBU,,, apa yang ada di benak kita tentang “IBU”,, kata “IBU” tidak asing buat kita. Ibu adalah sesosok orang yang penuh dengan kasih sayang tak terhingga kepada anaknya. Ibu memiliki peran yang sangat penting dalam keluarga.
Coba bayangkan ketika kita dalam kandungan, Ibu telah bersusah payah menjaga kondisi kita agar kelak dilahirkan dalam keadaan sehat dan normal. Memang secara normal Sembilan bulan sepuluh hari dan ada juaga yang lebih tetapi karena kesabaran seorang Ibu, semuanya dapat dilalui dengan baik. Ketika kita dilahirkan bukan berarti peran Ibu telah selesai sampai disitu saja, justru sebaliknya peran penting Ibu semakin besar dan berat. Tak hanya menyusui, merawat tetapi juga mendidik, agar kelak menjadi generasi yang memiliki kecerdasan, kesuksesan dan kesolehan.
Secara umum peran dan tanggung jawab Ibu dalam keluarga rumah tangganya adalah;
  • Pertama, pendamping suami secara lahir dan batin, termasuk didalamnya pemenuhan kebutuhan bersama dari sisi seksual dan mental.
  • Kedua, mitrakomunikasi dari suaminya, anggota-anggota keluarga serta para tetangga/lingkungannya.
  •  Ketiga, Pelaksana teknis dalam penataan dan pelaksanaan kehidupan sehari-hari keluarga, pembimbing/pendidik bagian anakk-anaknya.
  • Keempat, pengontrol dan mengawasi kegiatan teknis dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam pendidikan dan pergaulan anak-anaknya baik di dalam dan di luar rumah tangganya.
  • Kelima, mengikuti berbagai kegiatan sosial dan keagamaan dalam komunitasnya sepanjang tidak mengganggu tugas pokoknya.
  • Keenam, membantu suaminya menambah pendapatan keluarga jika memang diperlukan, sekurang-kurangnya dapat mengelola dan menjaga hasil pendapatan dari suami secara efektif dan efisien dan lainnya.
            Jikalau seorang Ibu terjun dalam dunia karir dan politik, sudah pasti tak akan fokus 100 persen dalam rumah tangga. Sebab mereka harus membagi waktu antara karir dan rumah tangga sehingga tak jarang peran seorang Ibu digantikan oleh baby sister atau pembantu. Padahal peran seorang Ibu kandung lebih diharapkan oleh setiap anaknya. Buat apa seorang anak diberikan banyak kemewahan seperti uang, mobil dan lainnya sementara kasih sayang Ibu hanya sedikit yang diperoleh.
Coba lihat sebagian mereka  yang  berlimpah ruah harta banyak terjerumus kepergaulan bebas, narkoba, atau lainnya. Kasih sayang Ibu sejati bukanlah dari banyaknya harta, uang maupun kemewahan yang  diberikan kepada anaknya. Justru doa, rawatan, didikan, perhatian maupun bimbingan dari Ibu sehingga menghantarkan seorang anak menjadi anak  yang sukses, beriman dan takwa, inilah kasih sayang  yang  sesungguhnya didambakan oleh seorangan anak.
Seorang Ibu rumah tangga haruslah dapat memfungsikan dirinya laksana perhiasan yang melekat pada diri pemakainya. Istri haruslah menjadi penyejuk, penyedap, member pesona dan member semangat hidup bagi suami dan anak-anaknya. Seorang Ibu yang baik akan membesarkan anaknya dengan penuh kesabaran dan kegairahan hidup.
Bagaimana pun peran Ibu dalam segala hal sangatlah penting dan sulit tergantikan. mari kita harus tetap menghormati, menyayangi, mendoakan, menghargainya serta membahagiakannya. “Kasih anak sepanjang jalan, kasih Ibu sepanjang hayat”. Apapun yang sudah kita buat belum apa-apa dibandingkan dengan kasih sayang Ibu yang telah diberikan pada kita.

2 komentar :

  1. Ibu,,, adalah seorang wanita pertama yang harus dibahagiakan,,, :)
    folback dong mbakk,, http://info-kitaku.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. ea,, itulah ibu, yang setiap saat harus kita baahagiakan..
      krn tnpa ibu kita gak kan pernah ada di dunia ini.... :)

      Hapus

Silahkan berikan komentar anda...